APA PERBEDAAN CETAK OFFSET DAN DIGITAL PRINTING


Apa perbedaan cetak offset dan digital ?. Di dunia percetakan, cetak offset merupakan cara paling banyak di gunakan . Seiring dengan bekembanya teknologi mesin cetak makin berpariasi dengan tambahan perangkat digital.

Cetak offset biasanya di gunakan untuk mencetak dalam jumlah banyak, atau untuk skala besar. 

Poroses cetak offset memerlukan persiapan, diawali dengan design, selanjutnya pembuatan plat atau merekam materi ke media plat . Jaman dulu merekam plat pakai infra merah pakai film pula. Saat ini perctakan tidak lagi menggunakan film.  

Tentu lain dulu lain pula sekarang,untuk pemindahan materi sekarang langsung dari komputer langsung ke mesin CTP (Computer To Plat ), jadi lebih efesien . Setela itu baru masuk ke produksi masal, menggunakan mesin cetak offset yang bisa masuk sesuai dengan ukuran kertas..

Lain hal dengan cetak digital, ini kebalikan cetak offset,Cetak digital di gunakan untuk cetak kwatity sedikit. Materinya bisa lansung di cetak ,layaknya kita print. Jadi cuman siapin design  sudah bisa dicetak, tapi untuk skala sedikit.

Lalu pilih mana cetak offset apa cetak digital?. Tentu hal sesuai dengan kebutuhan. Misal : Anda mau cetak kalender 1 buah, maka cetaklah digital.

Begitu pula sebaliknya,ketika anda mencetak buku misal 1000 buku , pakai cetak  offset. Semakin banyak yang di cetak, semakin murah harga satuanya

Menurut pengalaman saya,  cetak digital untuk produksi kwatity di bawah 200 pcs.

Dari uraian diatas,bisa kita simpulkan sebagai berikut :

Cetak Offset;

  • Bisa cetaka dalam jumlah besar gunakan cetak offset.
  • Kertas yang di gunakan bahan dan ukuran berpariasi.
  • Bisa cetak dengan warna sesuai permintaan,atau cetak warna khusus.
Keurangan cetak offset ,memerlukan proses yang panjang dan limbah yang di keluarkan tidak ramah lingkungan.

Cetak diital

  • Cetak digital bisa cetak dengan jumlah sedikit.
  • Waktu yang di gunakan sebentar , bisa di tunggu.
  • Untuk jumlah sedikt harga ekonomis.

Kekurangan cetak digital, warna yang di hasilkan titak setabil.Begitu pula  kertas yang di gunakan terbatas.Dan gramatur kertas yang di pakai maximum  260 gram. Ketika cetak skala besar  ,harga lebih mahal.

0 Comments