Nusantara grafika. Sering kita mendengar istilah kalender hijriyah dan kalender masehi. Ada yang tahu nggak perbedaan kalender Hijriyah  dan kalender Masehi ?
 
Ternyata kalender yang kita pakai sehari-hari ada kalender Masehi, dan yang tulisan arab yang di bawah adalah kalender  Hijriyah ( kalender penggalan Islam ).

Kalender Masehi perhitungan di mulai pada 1 january sedangkan kalender Hijriyah  di awali 1 muharam.

Dalam jumlah hari ada sedikit perbedaan , tahun hijriyah 354 - 355 hari dalam satu tahun . Sedangkan kalender Masehi sekitar 365 - 366 hari dalam setahun.

Penyebab perbedaan tersebut pada kalender hijriah dengan adanya konsistensi hari pada setiap bulan , yaitu 29 - 30 hari. Untuk kalender Masehi hari dalam setahun ,28- 31 hari.

Hari atau tanggal pada kalender Hijriyah mengacu pada sistem di mulainya ketika terbenam matahari di tempat tersebut.  Sedangkan penentuan bulan Masehi de beri tangda dengan kemunculan bulan sabit pertama kali tau yang sebut dengna Hilal setelah bulan baru atau ijtimak.


Di kadaan seperti ini bulan terbenam sesaat setelah matahari terbenam yang akibatnya posisi hilal berada di upuk barat. Apa bial hilal tidak nampak pada hari yang ke 29, maka jumlah hari pada bulan tersebut di bulatkan menjadi 30 hari. untuk mengetahui bulan mana yang jumlahnya 29 dan 30 hari,tergantung pada tampaknya hilal. tidak ada aturan khusus.

Pada kalender Masehi nama-nama bulan diambil dari nama-nama dewa, diantaranya Dewa Mars,Maius (Mei), Junius, dan selanjutnya. Tak hanya itu nama hari pun di ambil dari nama dewa-dewa
seperti sunday , manday,Tuesday dan selanjutnya.

Sedangkan pada kalender Hijriyah, nama hari  di ambil  dari urutan bilangan pada bahasa arab, kecuali Muharram dan Dzulhijah, seperti ahad,itsnain, dan sterusnya, kecuali hari juma't , hari juma'at adalah  diambil dari ,diman umat muslim berkumpul untuk menunaikan shalat jum'at, sedangkan hari sabtu adalah hari yang di anjurkan untuk istirahat.

Untuk nama-nma bulan di kalender hijriyah , diambil dari nama musim, kecuali muharom dan Dzulhijah
Muharom berarti bulan yang di hormati,dan tidak boleh berperang di bulan ini berikut tiga bulan setelahnya. Sementara Dzulhijah berarti bulan untuk menunaikan ibadah haji.

Sepuluh bulan lainya diambil dari nama musim. seperti shafar yang berarti kuning, robi,ul awal dan robi,ul akhir berarti musim gugur yang satu dan kedua.

Sedangkan Jumadil Awal dan Jumadil  Akhir (Jumud : beku) berarti musim dingin  pertama dan kedua
Rajab : cair, atau es mulai mencair. Sya'ban berarti lembah ,saatnya oran- orang arab bercocok tanam.

Rhamadlan berarti Pembakaran, atau mulainya musim panas, Sedangkan Syawal mempunyai arti meningkatnya suhu panas. dan Puncaknya adalah bulan Dzulkaidah,pada bulan ini saatnya orang duduk-duduk tidak keluar  rumah.



Mau Cetak kalender ? hubungi kami :

Telp /WA : 0812 8776 9645 ( Cartim )